Penyebab Penyakit Sering Kencing

Mungkin anda pernah mengalami keluhan yang satu ini, yaitu sakit sering kencing atau sedikit-sedikit buang air kecil. Lalu apa penyebab penyakit sering kencing tersebut? Seorang teman mengeluhkan tentang sakit yang di deritanya yaitu terlalu sering buang air kecil atau jika dalam bahasa Jawa biasa disebut beseren. Dalam sehari dia bisa kencing puluhan kali, bahkan kalau terlalu lama tidak kencing timbul rasa nyeri pada saluran kemih.

Ada beberapa sebab sakit sering kencing, di usia remaja hingga 30an yang paling umum menjadi pemicu penyakit ini adalah karena kekurangan konsumsi air putih. Orang normal biasanya minum air sekitar 2-3 liter sehari, apabila kekurangan air minum maka dapat menyebabkan infeksi pada saluran kencing, hal inilah yang menyebabkan intensitas kencing menjadi terganggu, kadang warna air kencing juga berubah menjadi keruh.

Beberapa hal lain yang menyebabkan penyakit sering kencing:
  1. Pembesaran kelenjar prostat: biasa terjadi pada pria yang sudah lanjut usianya lebih dari 50 tahun.
  2. Diabetes mellitus (kencing manis): ditandai dengan keluhan banyak minum, banyak makan, banyak kencing, penurunan berat badan, dan keluhan-keluhan tidak khas lainnya.
  3. Diabetes insipidus: kekurangan hormon antidiuretik atau kurangnya respon ginjal terhadap hormon antidiuretik. Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing menjadi lebih banyak dari biasanya.




No comments:

Post a Comment